Monday, November 26, 2012

KUMPULAN UMPAN LELE



Disarikan dari berbagai sumber untuk para LELE MANIA yang suka ikut GT Lele / Lomba Mancing Lele, berikut ini kumpulan Umpan rahasia lele yang saya dapatkan :

1. CACING MERAH.

 Umpan dasar paling sederhana tapi merupakan umpan wajib yang harus selalu dibawa. Penggunaan umpan ini cukup mudah. Kaitkan saja beberapa cacing merah pada kail dengan posisi cacing masih terurai. Umpan cacing cocok digunakan untuk kolam galatama dengan ikan lele baru. Ada beberapa pemancing yang menggunakan umpan cacing dengan campuran Kuku Bima, manjur juga. Tapi kamu bisa saja memakai variasi campuran lain, misalnya dengan essen.
2. PELET IKAN.

 Umpan pelet sebenarnya adalah umpan yang boleh dibilang makyos ! Pernahkah kamu amati bahwa ikan di empang galatama lele selalu diberi  makan oleh pengelolanya? Nah sebenarnya kunci rahasianya ada dii situ . Tanya atau amati jenis pelet apa yang biasanya diberikan pada lele-lele tersebut. Kalau sudah tahu, pakai saja pelet tersebut untuk umpan saat galatama. Cara penggunaannya : pelet diseduh dengan air panas, campur kuning telor, buat adonan jangan terlalu keras. Coba  jangan gunakan campuran lain untuk umpan ini.

3. YUYU/KEPITING MUDA YANG LUNAK.

  Umpan yang dimaksud diatas adalah jenis kepiting kecil atau kepiting muda. Kulitnya yang masih lunak rupanya sangat digemari oleh lele. Maklum saja lele adalah jenis ikan rakus  yang memakan apa saja. Pada saat pembesaran di kolam, para petani ikan memberikan segala macam makanan selain pelet ikan. Hal ini tentu saja dapat mengurangi pengeluaran biaya dalam berternak ikan lele. Pola makan inilah yang juga akan mempengaruhi ikan lele dapat memakan apa saja. Cara penggunaan : Kepiting yang lunak ini dikaitkan ke mata kail, kemudian tubuh kepiting  dihancurkan agar aromanya   mengundang selera makan lele.

4. IKAN TONGKOL SEGAR.

  Ikan Tongkol memiliki aroma amis yang tajam. Disamping itu jenis umpan ini sangat mudah didapat. Cara penggunaan : Ikan Tongkol dipotong kotak-kotak kemudian tancapkan pada mata kail.

5. MARUS. 

  Perlu diketahui oleh para pemancing mania, jenis umpan ini disebagian besar kolam pemancingan galatama lele tidak diperbolehkan. Marus adalah darah yang mengental yang berasal dari Sapi atau ayam. Bila kolam yang biasa anda datangi tidak melarang umpan marus ini, yang pakai saja. Cara penggunaan : Darah Sapi atau ayam yang sudah mengental (Marus) sebelumnya direbus dahulu. Setelah dingin dipotong kotak-kotak lalu tancapkan ke mata kail. Biasanya para mania galatama lebih banayk memakai marus sapi, namun tidak ada salahnya marus ayam digunakan juga.

6.  TELOR IKAN SAPU-SAPU.

  Umpan jenis ini memang agak sulit-sulit gampang untuk mendapatkannya. Walaupun ikan sapu-sapu sudah mewabah di Indonesia. Bermula  sebagai ikan hias, tapi karena perkembangannya sangat pesat, akhirnya menjadi tuan tanah di negeri orang. Untuk yang mau gampangnya saja, ya beli saja telor ikan ini di toko alat pancing. Boleh juga beli sama tukang jala, karena ikan ini kebanyakan dibuang, alias tidak banyak yang mau memakannya. Cara penggunaan : Telur ikan sapu-sapu dipotong-potong dengan gunting, kemudian potongan tersebut ditancapkan ke kail. Jenis umpan ini mudah terlepas, jadi saat melemparkan kail ke pemancingan jangan terlalu jauh atau kencang.

 ... Silahkan kalau ada yang mau menambahkan …Terimakasih

3 comments:

  1. Ayam disuir telor bebek mentah (kuningnya) kasi essence tuna super (baunya kyk sarden) tambah sdikit masako sapi

    By: jodi

    ReplyDelete
  2. Daging ayam disuir campur sama telor bebek mentah kasi essence tuna super kasi masako dikit



    By : jodi

    ReplyDelete
  3. Ulat sagu di lumuri darah sapi. Untuk lele dan bawal. Dijamin luar biasa.
    Saya sudah memcoba di daerah saya, padahal umpan ulat sagu belum pernah d coba oleh pemancing disitu. Tanpa olesan darah.

    ReplyDelete