Tuesday, August 6, 2013

KUMPULAN UMPAN LELE DENGAN TELUR LELE

  

Namanya juga lele, apa saja dimakan. Umpan yang satu ini lumayan susah didapat, karena gak semua tukang ikan lele jual ikan yang ada telurnya.Susahnya lagi kalau bukan musim sang lele bertelur.

  Gampangnya ya beli saja di toko umpan, tapi disamping harganya lumayan mahal dibandingkan dengan ikannya, telur lele yang dijual masih umpan belum jadi.


  Terus gimana cara membuatnya ? Tunggu dulu,sabar. Untuk menjadikan telur lele sebagai umpan harus tahu dulu kriteria telur lele yang bagus, yaitu;
  • Telur lele sebaiknya diperoleh dari ikan yang masih segar. Jangan ikan yang sudah jadi bangkai.
  • Telur lele yang terlalu lama disimpan dalam freezer sebaiknya jangan digunakan, kecuali gak ada lagi.
  Cara membuatnya ada beberapa macam, atau kita bagi dalam beberapa kategori. Hal ini sesuai dengan kolam yang akan kita pancing untuk galatama, lebih cocok dengan yang dikukus atau yang dipepes.

1. Telur lele kukus.
Telur lele yang utuh ( jangan sampai pecah/sobek ) diolesi mentega kemudian dibungkus dengan daun pisang,setelah itu dikukus selama kurang lebih setengah jam atau sampai agak keras (tidak terlalu lembek).
Setelah dingin, telur tersebut dipotong kotak-kotak untuk nantinya ditancapkan di kail. Kalau kamu pernah memotong buah mangga dengan membentuk sarang tawon, kira-kira begitulah modelnya. Ingat, jangan sampai kulit telurnya lepas. Karena kulit telur tersebut nantinya yang menahan umpan agar tidak lepas dari kail. 

2. Telur lele pepes.
Frinsip pembuatan dan pemakaiannya hampir sama dengan Telur lele kukus. Hanya saja prosesnya telur yang sudah dibungkus daun pisang ini di panggang. Untuk mudahnya gunakan penggorengan sebagai alas panggangnya. Langkah selanjutnya sama dengan diatas untuk digunakan dalam memancing lele.

Catatan : Umpan ini mantap digunakan di pemancingan galatama lele pada saat malam hari. Semakin malam semakin neter.


  

5 comments: